Perbedaan Kartu Kredit Visa & Mastercard

VISA dan MasterCard sudah sangat dikenal di kalangan pengguna kartu kredit. Di setiap kartu kredit, biasanya tertera antara kedua logo ini di sebelah kanan bawahnya.
VISA dan MasterCard merupakan provider yang memungkinkan suatu bank untuk dapat menerbitkan kartu kredit sehingga dapat berlaku di merchant-merchant yang berlogo VISA atau MasterCard.


Kedua provider ini terlihat sangat mirip Keduanya memberikan fasilitas dan kemudahan yang sama, yaitu dengan satu kartu Anda bisa menggunakannya di banyak tempat dimanapun dan kapanpun.

Saat Anda ingin membuat kartu kredit, biasanya beberapa bank menanyakan apakah ingin memilih kartu kredit VISA atau MasterCard.

Nah, untuk menjawab pertanyaan ini, Anda harus mengetahui terlebih dahulu perbedaan dari kedua kartu kredit yang sangat serupa ini. Hal ini karena perbedaan keduanya sangat penting untuk diketahui.

Perbedaan VISA dan MasterCard

Perbedaan pertama yang sangat jelas antara kartu kredit VISA dan MasterCard yaitu terlihat dari perusahaan yang menerbitkannya. VISA merupakan produk keluaran 1955 oleh VISA Inc. yang terletak di Foster City, California.

Sementara itu, MasterCard merupakan bagian dari produk MasterCard Worldwide. Korporasi ini beroperasi di Purchase, New York sejak tahun 1966.

Kedua provider terbesar di dunia ini saling bersaing dalam menawarkan layanan kartu kredit.

Perbedaan antara VISA dan MasterCard juga terlihat dari segi popularitas yang berbeda-beda di setiap negara. Kartu kredit VISA banyak dipilih oleh penduduk di negara-negara asia, sedangkan MasterCard lebih populer di negara-negara Amerika dan Eropa.

Selanjutnya, perbedaan antara kartu kredit VISA dan masterCard terdapat dalam lima segi, antara lain yaitu tipe kredit, manfaat produk, sistem perlindungan dan keamanan, biaya transaksi, dan promo untuk nasabah. Berikut ini penjelasannya.

Tipe Kartu Kredit

Perbedaan kartu kredit VISA dan MasterCard salah satunya terletak pada tipe-tipenya. Perbedaan jenis ini tentu akan berdampak pada perbedaan keuntungan yang diberikannya. Untuk lebih jelasnya mengenai tipe-tipe kedua kartu kredit tersebut adalah sebagai berikut:

1. VISA

Kartu kredit VISA memiliki beberapa jenis kartu kredit seperti VISA Signature, VISA Infinite, VISA Classic, VISA Gold, dan VISA Platinum. Berikut ini penjelasannya:

VISA Infinite

Kartu kredit jenis ini tidak ditawarkan kepada umum. Pemiliknya terbatas hanya untuk Anda yang memiliki aset di atas 100 ribu USD atau 1 milyar rupiah dalam bentuk tunai.

Selain itu, pemiliknya khusus bagi nasabah premium, yakni yang memiliki rekening, deposito, atau investasi dari bank penerbit kartu.

Limit kartu kredit ini dimulai dari 50 Juta rupiah hingga tidak terbatas. Jadi, semakin besar harta Anda, maka akan semakin besar pula limit kartu kredit Anda.

Fasilitas yang ditawarkan kartu kredit VISA Infinite adalah asuransi perjalanan, travel assist, hingga special priority pass, yaitu kemudahan yang diberikan ketika berhadapan dengan petugas imigrasi di airport hamper seluruh dunia. Bahkan, pemilik kartu kredit ini biasanya memiliki akses langsung untuk menyewa jet pribadi.

VISA Classic

Kartu kredit jenis classic ini menjadi salah satu kredit dengan batas limit paling rendah, baik untuk belanja dan fiturnya. Sementara itu, batas transaksi minimal hanya Rp 5 juta.

Meskipun limitnya rendah, sebagian besar masyarakat Indonesia merupakan pengguna kartu kredit jenis ini.

VISA Signature

Jenis kartu kredit ini tergolong sangat eksklusif. Orang yang memiliki kartu ini tidak bisa sembarangan, biasanya untuk Anda yang merupakan pengusaha atau profesional yang sudah ternama dan terkemuka.

Tidak hanya itu, untuk memiliki kartu kredit ini masih akan dinilai kelayakan harta yang dimiliki, seperti deposito, investasi, rekening koran, rekening tabungan, dan lain-lain yang berhubungan dengan kekayaan Anda.

Keuntungan dari memiliki kartu kredit ini adalah Anda memiliki limit yang sangat besar, Awal minimum limitnya yaitu mulai dari 100 Jutaan rupiah hingga tidak terhingga.

Fasilitas yang diberikan pun sangat bervariasi, mulai dari Airport Lounge, travel assist, keanggotaan klub golf, special travel, dan sebagainya.

  • VISA Platinum

Kartu kredit Platinum mewajibkan penggunanya harus memiliki pendapatan sekitar Rp 25 juta ke atas per bulannya. Sementara batas kredit yang diberikan sangat tinggi, yaitu mencapai Rp 75 Juta hingga tidak terhingga.

Dengan keuntungan ini, banyak pelaku bisnis yang memilih untuk menggunakan kartu kredit ini untuk mengembangkan bisnis yang mereka jalankan.

  • VISA Gold

VISA Gold memiliki batas kredit paling tinggi, yaitu mencapai Rp 100 Juta. Namun, tidak semua bank memberlakukan batas limit tersebut. Sebab, setiap bank penerbit kartu kredit memiliki kebijakannya masing-masing.

Selain itu, VISA Gold juga lebih eksklusif, karena banyak fitur yang dapat dimanfaatkan para pengguna kartu kredit ini. Misalnya, diskon di beberapa merchant yang telah bekerja sama dengan kartu kredit tersebut.

2. MasterCard

Sementara itu, MasterCard juga memiliki beberapa tipe kartu sebagai berikut:

  • World MasterCard

Kartu kredit MasterCard ini setara dengan kartu VISA Infinite. Minimum penggunaannya adalah 75 Juta dalam setahun. Jika Anda bertransaksi di bawah jumlah ini, maka akan dikenakan biaya tahunan atau bulanan tergantung dari bank penerbit kartu kredit yang jumlahnya besar.

Untuk memiliki kartu ini, Anda harus bisa memenuhi standar yang sama seperti VISA Infinite. Kelebihan dari kartu kredit tipe ini adalah dapat diterima dua kali lipat lebih banyak di berbagai negara.

Selain itu, Anda juga akan mendapatkan kemudahan dalam melakukan reservasi, di Airport, dan lain-lain. World MasterCard juga memberikan layanan Identity Theft Resolution Service, yaitu layanan untuk melindungi identitas Anda.

Jadi ketika ada yang mencoba mencuri identitas Anda, Anda akan menerima peringatan dari fitur tersebut.

  • World Elite MasterCard

Kartu kredit MasterCard dengan privilege tertinggi. Banyak kemudahan yang ditawarkan, mulai dari reservasi tempat di restoran mewah, Airport, hotel berkelas tinggi, dan sebagainya.

Tipe kartu kredit ini cocok bagi Anda yang suka travelling. Sama halnya dengan World MasterCard, World Elite MasterCard juga dilengkapi dengan fitur Identity Theft Resolution Service sehingga aman bagi penggunanya.

  • MasterCard Platinum

Nasabah akan lebih dimanjakan dengan MasterCard platinum karena menawarkan program poin yang dapat ditukar dengan hadiah atau promo menarik lainnya.

Tidak hanya itu, ribuan diskon sering tersedia sehingga nasabah merasa seperti lebih dimanjakan. Limit kartu kredit ini dengan jumlah minimal Rp 75 Juta hingga unlimited. Tergantung dari pengguna kartu kredit tipe ini.

  • MasterCard Classic

Tidak berbeda jauh dengan VISA, MasterCard Classic juga mendapatkan batas kredit yang rendah, yaitu hanya Rp 5 Juta. Bagi pengguna yang ingin mengajukan kartu kredit dengan jenis ini, maka harus memiliki penghasilan minimal UMR atau bisa juga dengan jumlah Rp 50 Juta per tahunnya.

  • MasterCard Gold

MasterCard Gold memiliki batas kredit hingga Rp 100 juta. Selain limitnya yang tinggi, pengguna jangan kaget karena iuran bulanannya juga lebih tinggi.

Sementara itu, penghasilan minimal yang harus dimiliki pengguna dengan tipe kartu kredit ini sebesar Rp 50 juta atau lebih.

Jumlah Pengguna

Perbedaan kartu kredit VISA dan MasterCard selanjutnya terletak di jumlah penggunanya. Hingga sekarang, diketahui bahwa MasterCard memiliki jaringan negara lebih luas dibanding VISA.

Meskipun demikian, dari segi jumlah pengguna global, pemegang kartu kredit VISA jauh lebih besar dibandingkan MasterCard.

Sistem Perlindungan dan Keamanan

Kedua provider ini memiliki caranya masing-masing dalam rangka melindungi nasabah. Ketika melakukan transaksi secara online, keamanan kartu kredit Anda sangatlah beresiko,

Maka dari itu, VISA menawarkan pengamanan berupa memasukkan pin statis atau One Time Password (OTP) ke dalam jendela Verified by VISA.

Dengan cara ini, kartu kredit Anda lebih terproteksi. OTP akan dikirimkan saat Anda hendak melakukan transaksi ke nomor telepon genggam yang Anda daftarkan.

Sedangkan MasterCard memberikan proteksi kepada nasabahnya berupa Secure Code. Secure Code merupakan kode pin tambahan yang harus dimasukkan pengguna ketika bertransaksi secara online. Pin tersebut dibuat oleh pengguna sendiri secara online.

Biaya Transaksi

Ketika Anda melakukan transaksi, ada biaya tambahan yang dikenakan oleh VISA maupun MasterCard. Biaya tambahan oleh VISA dan MasterCard memiliki perbedaan.

Misalnya, untuk VISA jika Anda bertransaksi di luar negeri, biaya yang harus dibayarkan adalah 1% dari total transaksi Anda. Sedangkan MasterCard memiliki biaya yang berbeda-beda, yaitu berkisar 0,2% hingga 1% tergantung dari merchant-nya.

Promo Untuk Nasabah

Perbedaan antara kartu kredit VISA dan MasterCard yang terakhir adalah promo yang ditawarkan masing-masing provider.

Promo ini banyak digemari oleh penggunanya karena membuat transaksi menjadi lebih hemat dan menguntungkan.

Dari segi promosi, MasterCard pada faktanya menyediakan promo yang lebih beragam dengan intensitas lebih sering. Sementara itu, promo-promo kartu kredit VISA lebih terbatas, yaitu dengan nominal yang bervariasi sesuai dengan jumlah transaksi rata-rata penggunanya.

Lebih Untung VISA atau MasterCard?

Sebenarnya tidak ada perbedaan antara VISA dan MasterCard yang signifikan. Kedua provider ini telah bekerja sama dengan sejumlah merchant di Indonesia untuk memudahkan nasabahnya dalam bertransaksi.

Akan tetapi, setiap orang mempunyai preferensi masing-masing dalam memilih kartu kredit yang diinginkan. Jika Anda menginginkan banyak promo dan kemudahan bertransaksi valuta asing, MasterCard adalah jawabannya.

Tetapi jika Anda lebih mengutamakan proteksi yang berlapis-lapis dan merchant kerjasama, maka VISA menjadi pilihan yang lebih baik lagi bagi Anda.

Itu dia bahasan secara lengkap mengenai perbedaan antara VISA dan MasterCard. Dengan Anda mengetahui perbedaannya, Anda akan mampu menentukan mana yang sesuai dengan tujuan dan kebutuhan Anda.






Posting Komentar

0 Komentar